Menu Tutup

Tentang Kami

Lingkar Paluta lahir di Pertengahan Tahun 2018, diinisiasi oleh beberapa orang Aktivis, Journalist, dan organisasi profesi yang meyakini Kabupaten Padang Lawas Utara menyimpan banyak potensi yang dapat dikembangkan di seluruh aspek seperti di bidang kebudayaan, historis masa lalu sampai pengembangan sumber daya alam (SDA).

Walaupun daerah ini kaya oleh khasanah dan juga alamnya sesungguhnya faktualisasi pemanfaatan sumber daya yang berkelanjutan  oleh masyarakat harus ditingkatkan secara maksimal, pengkajian dan penelitian sebagai upaya peningkatan kesejahteraan, pemerataan taraf hidup berazaskan ekonomi kerakyatan yang berkeadilan, perlindungan hukum terhadap semua golongan masyarakat.

Lingkar Paluta sebagai NGO mandiri berperan besar dalam mendorong potensi tersebut guna mewujudkan kemampuan masyarakat menyatu dan beradaptasi dengan alam, khasanah dan budayanya, trampil dan mempunyai rasa bangga atas identitasnya tersebut sehingga kekayaan tersebut dapat dieksplorasi dan dieksploitasi secara positif dan berdaya guna.

Lingkar Paluta juga harus mengawal dan mendorong upaya peningkatan edukasi ditengah masyarakat yang terintegrasi dalam sistem masyarakat Dalihan Natolu, Sumber Daya Alam (SDA), Cagar dan Budaya, potensi pertanian, perkebunan, perikanan ekonomi dan wisata, menyongsong kemajuan daerah dari desa hingga kota dengan identitas yang melekat tersebut.

Untuk itu, Lingkar Paluta membuka koalisi dengan berbagai elemen masyarakat, tokoh adat, tokoh agama, pemangku kebijakan, mahasiswa dan pelajar dalam mengemban misi tersebut.

Semoga, Lingkar Paluta dapat memberikan manfaat kepada seluruh pihak dengan kehadirannya di Kabupaten Padang Lawas Utara tercinta ini.